Latihan Tes CPNS 2014

TANYA JAWAB: ALAT-ALAT YANG BISA MEMBUAT LOLOS PEMINDAIAN SCANNER LJK

|| || || 5 comments

Ujian Nasional sudah di depan mata. Nasib 3 tahun belajar selama ini ditentukan hanya dalam 3 hari. Persiapan sudah kita matangkan. Mulai dari belajar maksimal, berdoa, dan minta doa restu. Ketika saya membaca status teman-teman siswa baik SMA, SMP dll, yang menanyakan apa saja alat tulis dan perlengkapan yang disiapkan waktu Ujian Nasional.

Tanpa kita sadari, hal yang sebenarnya penting waktu UN terkadang kurang kita perhatikan, dapat mempengaruhi mental kita waktu mengerjakan soal UN. Apa itu? jawabnya, Alat yang Kita bawa saat Ujian. Sepele sih, dan bahkan ada yang dianggap tidak terlalu penting, tapi sebenarnya sangat berpengaruh pada hasil akhirnya. 

Pada kesempatan ini saya akan berbagi informasi tentang alat tulis yang cocok digunakan untuk Ujian Nasional dan memenuhi persyaratan lolos uji scanner Lembar Jawaban Komputer dalam bentuk tanya jawab berdasarkan pengalaman yang saya ketahui selama ini.

Nah, apa saja alat-alat yang musti kamu siapkan buat Ujian Nasional besok? Ini dia, ada 7 alat yang perlu kamu ketahui dan kalau perlu dicatat dan dicek kembali.
  1. Pensil 2B
  2. Karet penghapus
  3. penggaris lurus
  4. Alat bantu untuk menghitamkan LJK
  5. alas LJK
  6. sapu tangan
  7. jam tangan
Untuk lebih jelasnya simak penjelasan dari masing-masing dan ketahui lah gosip dan faktanya tentang alat-alat tersebut supaya hati kita menjadi tenang dan semakin mantap dalam mengerjakan ujian. Saya berharap informasi yang disampaikan bisa membuat kita menjadi lebih cerdas dalam mempersiapkan UN.


1. Pensil 2B

Banyak sekali anggapan kalau semakin mahal pensil maka semakin bagus kualitasnya. Alasan ini memang ada betulnya, karena kebanyakan pensil mahal pasti bagus. Tapi bagaimana membedakan pensil yang baik dengan yang tidak.


Tanya Jawab:

1. Mengapa harus pakai Pensil 2B? Apakah ada jenis pensil yang lain bisa dipakai?
  • Sebenarnya tidak harus 2B. Saya pernah memindai LJK menggunakan pensil biasa yaitu jenis HB yang agak saya gelapkan penghitamannya, ternyata juga masih bisa terbaca scanner. Memang yang direkomendasikan adalah jenis 2B. Mengapa demikian? karena jenis 2B ini hasilnya cukup hitam dan tidak berbekas kalau dihapus. berbeda dengan pendil jenis 2B ke atas, jika dihapus masih berbekas. 
  • Pada dasanya alat pindai akan membaca data LJK dalam bentuk sesuai template LJK. Seperti kita ketahui, waktu menghitamkan LJK harus sesuai dengan lingkaran yang disediakan. Bahkan saya pernah memindai LJK dengan spidol masih bisa terbaca oleh mesin, tapi sayangnya spidol tidak bisa dihapus. 
2. Banyak beredar pensil 2B palsu. Apa benar tidak bisa dipindai ?
  • Menurut saya istilah palsu atau tidak adalah hanya beraitan dengan branding merek produk. Para produsen memiliki hak paten atas merek pensi 2B-nya yang mungkin saja dibajak/dipakai mereknya.  Biasanya memakai nama merek terkenal, harganya lebih murah, dan kualitasnya kayu, karbon, dan cetakan logo lebih jelek bila dibandingkan dengan yang asli. Saya pernah mencoba satu jenis merek pensil 2B yang satu diyakini asli, dan satunya palsu. Bila dibandingkan hasilnya memang yang "asli" jauh lebih gelap. Setelah dipindai, hasilnya hampir sama. Namun, yang palsu, masih bisa terbaca scanner. Tetapi pernah saya menemui jawaban yang tidak muncul padahal sudah dihitamkan.
  • Saran saya, gunakanlah pensil 2B yang asli. Untuk membedakan mana yang asli dan palsu silakan cari di goggle
3. Bagaimana cara meraut pensil yang baik?
  • Pensil yang baik digunakan adalah nyaman dan aman digunakan. Cepat menghitamkan, tidak melebihi batas jawaban dan tidak melubangi LJK. 
  • Saran saya, rautlah pensil yang tidak terlalu runcing dan tidak terlalu tumpul. Biasakan membawa pensil cadangan, agar waktu tidak terbuang untuk meraut pensil. 
2. Karet Penghapus

Karet penghapus sangat penting kita gunakan waktu jawaban yang awalnya kita pilih ternyata setelah dicek masih salah. Dan kita akan mengganti dengan jawaban yang lain.


tanya jawab:

1. Karet penghapus jenis apa yang baik?
  • Karet penghapus banyak sekali mereknya. Namun, jenis yang paling baik adalah yang cepat membersihkan, tidak memberikan bekas noda, dan tidak meninggalkan sampah/residu yang banyak.
2. Bagaimana cara menggunakan karet penghapus?
  • Hapuslah sebersih mungkin, dan usahakan tidak meninggalkan noda. Karet penghapus tidak harus baru, tetapi yang perlu kita perhatikan adalah kebersihan permukaannya. Sering-seringlah mengecek permukaan penghapus sebelum menggunakannya. Kemudian, cara mengapusnya juga perlu diperhatikan. 
  • Jangan terlalu sering mengusap karena bisa membuat kertas LJK cepat rusak/berlubang
  • Jangan terlalu jauh area menghapus jawaban karena dapat mengotori area sekitarnya yang masih bersih. Inilah alasannya mengapa jawaban LJK tidak bisa terbaca, karena mesin scanner membaca hitaman ganda di area jawaban.

3. Penggaris Panjang 


Penggaris panjang bisa kita gunakan untuk menyobek LJK dari lembar paket soal. disamping itu penggaris ini bisa kita pakai untuk meluruskan pada saat menghitamkan bulatan nama, nomor peserta dll. Kesalahan penulisan juga sering terjadi akibat tidak lurusnya dalam pengisian LJK. Contoh: Nama sebenarnya Aditya, tetapi karena salah menghitamkan hasil pemindaian menjadi A*IT*U.


tanya jawab:
sudah jelas

4. Alat bantu menghitamkan LJK

Biasanya alat bantu ini berbentu penggaris, berupa bulatan, kotak, ataupun silang.

tanya jawab:


1. Mengapa kita harus pakai alat bantu menghitamkan LJK?
  • Kita bisa saja tidak memakainya, asal kita bisa menghitamkan tepat pada bulatan yang disediakan. Akan tetapi jika pakai alat bantu ini pekerjaan kita jauh lebih mudah. Tidak takut melebar ataupun tercoret.
5. Alas LJK

Alas LJK bisa berbahan kayu, karton tebal, ataupun plastik melamin. Yang penting permukaannya keras, dan rata/datar.


tanya jawab:
1. Jika permukaan meja ujian tidak rata, apakah harus memakai alas LJK?
  • Ya, wajib. Karena permukaan meja yang tidak rata atau berlubang bisa menyebabkan LJK kita tertusuk oleh pensil yang kita pakai sendiri. Akibatnya LJK kita menjadi berlubang dan dipastikan hasilnya tidak dapat dipindai oleh scanner.
6. Sapu Tangan

Membawa sapu tangan kebanyakan merupakan kebiasaan pelajar cewek. Tapi, ini tidak berlaku pada waktu Ujian Nasional. Sapu tangan sangat berguna untuk mengeringkan diri yang dapat merusak LJK


Tanya jawab:
1. Apa manfaat membawa sapu tangan pada saat ujian?
  • manfaatnya banyak, bagi kita yang sering berkeringat karena kepanasan di ruang ujian atau grogi, sapu tangan bisa membantu mengeringkan keringat. Hal ini untuk berjaga jaga karena kelemahan LJK yang berbahan kertas, bila terkena air, sangat rentang untuk sobek, rusak, ataupun kotor karena air keringat itu sendiri.
7. Jam tangan/arloji

Jam tangan digunakan untuk melihat waktu. Bukan untuk gaya gayaan. Manajemen waktu sangat penting, sebab besar pengaruhnya pada hasil kerjaan Ujian Nasional nanti.


tanya jawab:

1. Mengapa saya sering kehabisan waktu pada saat mengerjakan soal Ujian Nasional?
  • karena Anda tidak memiliki alat untuk mengatur waktu. Arloji pada saat ujian tidak hanya bermanfaat untuk melihat pukul berapa waktu itu. tetapi juga bisa dipakai untuk mengatur tempo mengerjakan soal. Ketika kita disediakan 40 soal dalam 90 menit. maka secara matematis satu soal dikerjakan paling lama selama 2,25 menit atau sekitar 135 detik. Jadi, kita harus mengerjakan soal kurang dari itu agar ada waktu untuk memeriksa jawaban.
Terakhir, kunci pokok dalam pemindaian LJK adalah mesin LJK itu sendiri. Mesin pemindai LJK telah didesain untuk membaca jawaban yang bentuk dan ukuran telah ditentukan. Ini dinamakan template. Mesin LJK sangat menghendaki keadaan yang benar-benar perfect. Tidak peduli siapa pemilik LJK itu. Jika tidak sesuai maka berujung nilai tidak bisa keluar dengan sempurna. Jangan salahkan siapapun kalau kita katakanlah contekan dan yakin jawabannya sama persis tapi di nilai akir kok beda. Itu jelas karena adanya perbedaan hasil scanning LJK. 



Kesalahan yang sering muncul pada saat pemindaian dan dapat mengakibatkan tidak maksmialnya hasil koreksi adalah :
  1. Kertas macet: karena ukuran potongan kertas tidak sesuai, kertas lembab/basah, kucal (lunget :bahasa jawa) atau sobek/berlubang (sering terjad pada UN)
  2. Template LJK tidak sama dengan kertas yang digunakan untuk ujian (jarang terjadi pada UN)
  3. Kesalahan pengisian LJK dan pemakaian alat tulis oleh peserta ujian, biasanya karena menghitamkan kurang tebal atau menghapusnya kurang bersih (sering terjadi pada UN)
  4. setting alat yang kurang peka. Ada beberapa LJK yang tidak bisa terbaca karena kesalahan setting oleh operator LJK. (jarang terjadi pada UN)

demikianlah beberapa alat dan informasi yang berkaitan dengan alat yang bisa membuat lolos scanning LJK. Kesimpulan yang dapat kita tarik bersama adalah, kunci keberhasilan UN adalah terletak pada proses pengisian hingga pemindaian LJK. Sebaik apapun jawaban kita, tentu tidak akan berarti apa-apa bila kesalahan terjadi pada hal tersebut. Wajar kita maklumi bersama, alat juga memiliki kelebihan sekaligus kelemahan (menurut kita), apalagi itu terjadi akibat kelalaian kita untuk menghindari hal yang dilarang pada saat ujian.

Semoga kita termasuk golongan orang-orang yang beruntung pada saat Ujian Nasional. Dengan persiapan yang matang, Insyaallah hasilnya akan juga maksimal. Dan semoga Tuhan memberikan petunjuk dan kemudahan bagi kita semua. Amin.

ikuti informasi terkait lainnya berikut.

 1. Download Aplikasi weeksoft v3.1 "Simulasi Ujian Nasional 2014"
 2. Ada 3 jalur Undangan dalam Penerimaan Mahasiswa  tanpa tes 
 3. Download aplikasi weeksoft v2.1 "Seberapa Kuatkah Nilai Saya dalam SNMPTN?"
 4. 10 Kesempatan Pilihan Masuk PTN Jalur Undangan

Salam Sukses Ujian Nasional 2014 !!
@Redaksi
/[ 5 comments Untuk Artikel TANYA JAWAB: ALAT-ALAT YANG BISA MEMBUAT LOLOS PEMINDAIAN SCANNER LJK]\
Unknown said...

mas kalo pensil jansen sh gma??

Unknown said...

mas klo pensil jansen sh gmana??

Ki Sula said...

Paket hemat kursus IT & Networking:

+ Basic PC, Merakit PC
+ Mengatasi masalah2 PC
+ Networking, Climping Cable, IP, Routing
+ Share Network Drive, dll

kursus cuma 1 hari, atau 4x pertemuan, garansi pasti bisa


Tersedia juga kursus lain : Web Designer, Lavarel

minat? contact me by WA : 085697853580

Unknown said...

Pensil HB kelihatan dikomputer kan masalah nya gua pakai pensil HB

Muhammad Haidar Afi said...

Kalo kecoret bagian yang tidak disilang tapi ditulis tangan tercoret pulpen tapi tidak tebal bagaimana?

Post a Comment