Latihan Tes CPNS 2014

PENTING !! JALUR UNDANGAN TIDAK CUMA 3 PILIHAN PRODI LOH... TAPI 10... (BONUS TRIKNYA)

|| || || Leave a comments
                         

Sobat SMA, sudahkah Kalian finalisasi SNMPTN? Sudahkah mantap dengan pilihan kalian? Kami disini berdoa supaya semua lolos SNMPTN. Tapi, kalau dilogika, pasti akan banyak anak yang tidak lolos (eits, jangan pesimis dulu ya). Karena kita kudu sadar jumlah pendaftar jauh lebih besar dibandingkan dengan jumlah kursi yang ditawarkan. 

Dengan segala keterbatasan SNMPTN maka kalian harus memiliki plan B atau rencana lain jika kemungkinan terburuk itu terjadi. 

Selama kami melakukan survei pada teman-teman SMA kelas 12. Dari responden yang diambil secara acak dan ditanya tentang jalur yang memberikan fasilitas "UNDANGAN" masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Rata-rata lebih dari 60% siswa hanya mengandalkan SNMPTN. Sisanya ada yang ikut  jalur lain disamping SNMPTN, dan yang paling kecil kurang dari 5% memutuskan untuk tidak melanjutkan kuliah. Dari siswa yang hanya memilih SNMPTN sekitar 40% mereka beralasan tidak tahu adanya jalur lain selain SNMPTN dan 60% diantara mereka beralasan tidak berminat. 

Setidaknya ada 3 jalur yang bisa dimanfaatkan agar bisa masuk perguruan tinggi negeri tanpa harus tes (Undangan), Untuk lebih mengetahui tentang info kelebihan dan kekurangan ketiga jalur tersebut silakan simak artikel ini JALUR UNDANGAN.

Kami akan memberikan info dan trik tentang 10 pilihan program studi yang bisa menjadi alternatif pilihan kalian. Trik disini bisa kalian pakai karena secara pengamatan kami dari tahun-tahun sebelumnya cukup efektif untuk beberapa prodi PTN atau sebaliknya pakailah trik yang sesuai dengan kondisi kalian yang menurut kalian lebih baik.

JALUR SNMPTN (3 PILIHAN)

Jalur ini adalah jalur yang paling ramai, paling sibuk dan tentunya paling ketat. ada 3 pilihan Prodi dengan 2 PTN, jika ambil 2 PTN pilih 1 PTN yang satu propinsi dengan sekolah.
trik:
  1. Penting, pilihlah prodi yang linier dengan jurusan di SMA, atau paling tidak sesuai dengan petunjuk informasi prodi di website SNMPTN. Kebanyakan kegagalan SNMPTN bermula dari sini. 
  2. Utamakan prodi yang berasa dari 1 Propinsi yang sama dengan asal sekolah 
  3. Hindarilah memilih prodi yang saling ada kaitan di PTN yang sama, misal: prodi teknik kimia dan kimia murni di PTN
  4. Urutkanlah prodi berdasarkan grade prodi. Grade prodi bisa kalian ketahui melalui bimbel terpercaya atau info-info dari internet
  5. Karena persaingan, pastikan pilihan prodi sesuai dengan kondisi nilai rapor dan faktor-faktor lain yang terkait. Jangan ambil prodi yang terlalu tinggi
  6. Usahakan hindari prodi yang memiliki peminat berlebih. Ini akan mengakibatkan padatnya proses seleksi. Karena ini disinyalir akan berpengaruh terhadap hasil seleksi. Terkadang hal ini sering menimbulkan masalah, diantaranya ada siswa pinter tidak lolos dan kalah dengan siswa yang dibawahnya. (kami tidak mengetahui alasan secara pasti apakah faktor ini berpengaruh atau tidak).
  7. Usahakan dalam satu sekolah, tidak lebih dari 2 siswa yang memilih prodi dan PTN sama.

JALUR SPAN-PTAIN (4 PILIHAN)

jalur SPAN-PTAIN merupakan jalur khusus masuk PTN dibawah naungan Depag. Pendaftaran telah dibuka sejak Februari 2014 dan akan ditutup akhir bulan April 2014. Disediakan maksimal 4 prodi pilihan. 2 prodi dari PTAIN 1, dan 2 prodi dari PTAIN 2.

Trik:
  1. Kunjungilah website resmi PTAIN yang ingin kalian daftar dan bacalah informasi dan persyaratannya
  2. Pilihlah 2 PTAIN yang berbeda dengan perkiraan grade PTN. Kemudian urutkan 2 PTAIN dari grade tertinggi hingga terendah.
  3. Pilihlah masing-masing 2 prodi, jadi total ada 4 prodi. Dan urutkan berdasarkan grade masing-masing prodi. 
  4. Perlu kalian ketahui, bahwa seleksi dilakukan dari pilihan pertama, jika gagal maka dilanjutkan ke pilihan selanjutnya. Jadi prodi PTN pilihan 2 usahakan berada dibawah pilihan pertama. 

PMDK POLITEKNIK NEGERI (3 PILIHAN)

Jalur ini dibuat khusus untuk siswa yang ingin kuliah vokasi/ kejuruan. Jenjang yang ditempuh adalah D-1 sampai dengan D-4. Disediakan maksimal 3 pilihan prodi dengan 2 PTN.

trik:
  1. Ketahui bakat kalian ada di bidang apa (teknik mesin, elektro, sipil, dll). 
  2. Bagi lulusan SMK, ambillah prodi sesuai jurusan.
  3. Demi kelanjutan dunia kerja, lebih baik pilih dengan jenjang tertinggi, jika ada D-4 pilihlah itu, karena D-4 ini setara dengan S-1. Setelah lulus dan ingin melanjutkan studi lagi, bisa langsung ambil S-2. Jika mengambil D-3 nantinya kalian akan kuliah lagi untuk mengambil jurusan S-1.
Pilihan prodi:
1. SNMPTN                     : 3   pilihan
2. SPAN-PTAIN               : 4   pilihan
3. PMDK-PN                   : 3   pilihan
total                  : 10 pilihanDemikianlah informasi dan trik memilih prodi di jalur undangan. Harapan kami di tahun ini semoga angka siswa yang diterima di jalur Undangan semakin meningkat. Hal ini menunjukkan bahwa siswa dan pihak-pihak yang ada disekitarnya semakin cerdas, jeli, dan kreatif dalam mengantarkan siswa-siswi lolos masuk PTN jalur undangan. Disamping itu, jelaslah lolos jalur undangan merupakan suatu kebanggaan dan apresiasi yang luar biasa bagi para siswa berprestasi. 

Salam Sukses,
@Redaksi

/[ 0 comments Untuk Artikel PENTING !! JALUR UNDANGAN TIDAK CUMA 3 PILIHAN PRODI LOH... TAPI 10... (BONUS TRIKNYA)]\

Post a Comment