Latihan Tes CPNS 2014

TANDA-TANDA LOLOS SBMPTN 2014

|| || , || 1 comments
Guys, sudah lama saya tidak post tentang penerimaan Mahasiswa Baru. Meskipun terlambat tapi semoga bermanfaat. Kali ini saya post beberapa hal yang telah saya analisa yang memungkinkan kawan-kawan bisa lolos SBMPTN tahun 2014 ini.

Tes SBMPTN sudah berakhir lama, tapi rasa penasaran dan deg-degan mungkin semakin terasa besar ya. Nah, untuk mencegah rasa itu, saya akan beberkan beberapa tanda-tanda seseorang lolos SBMPTN.

1. Niat  yang Terencana

Bolehlah saya mengatakan niat yang sejati itu adalah 80% dari keyakinan. Menurut saya, seseorang yang menghadapi SBMPTN harus memiliki niat yang diwujudkan dalam bentuk keyakinan bahwa apa yang sudah dilakukannya itu tidak akan sia-sia. Untuk menata niat itu tidak mudah. Niat bukan sekedar keinginan memilih dan harapan lolos. Akan tetapi, niat adalah sebuah masterplan yang sudah disusun jauh-jauh hari sehingga disuatu saat nanti akan muncul sebagai titik puncak kesuksesan.

Guys, Coba bedakan ketika kamu yang berniat hanya pada saat menjelang pendaftaran SBMPTN dengan niat kamu yang di masa kecilnya sudah mendambakan kuliah atau mencita-citakan profesi tertentu. Pasti akan beda semangat juangnya.

2. Pilihan yang Rasional dan Tidak Muluk-Muluk

Bagian kedua yang teramat penting yaitu pilihanmu sendiri. Guys, pernahkah kamu merasakan kalau prodi yang kamu pilih sesuai dengan kemampuan akademik kamu sekarang. Soal yang sudah kamu kerjakan itu bukanlah soal biasa yang dikerjakan di bangku sekolah. Soal SBMPTN bisa dibilang soal tingkat dewa. Karena belum tentu seorang mahasiswa jenius pun bisa mengerjakannya. Mungkin ibarat si bongkok merindukan bulan pantas untuk mengilustrasikan kisah ini. Oleh karena itu, berbanggalah bagi kamu yang telah menjatuhkan pilihan prodi yang standar sesuai dengan kemampuan. Sebaliknya, kalau ada temanmu yang merasa tinggi hati karena kepandaiannya, biasanya mereka cenderung memilih jurusan prodi yang grade tinggi. Kamu sebaiknya tetap optimis, belum tentu yang pandai akan lolos karena saya yakin mereka juga akan bersaing dengan lawannya yang bisa jadi jauh lebih baik darinya.  

3. Tepat dalam Menentukan Urutan Pilihan

Kali ini lebih bersifat taktis ketimbang kedua tanda-tanda di atas. Urutan sangat mempengaruhi hasil penilaian. Urutan yang baik ciri-cirinya: 1) secara grade urutan bermula dari yang tinggi menuju yang rendah. 2) Prodi pilihan pertama berasal dari daerah (propinsi) tempat kamu tes. 3) Tidak mengulangi prodi yang sama di PTN yang berbeda, 4) sesuai dengan jurusan/bidang/kompetensi kamu selama belajar di SMA khususnya bagi kamu jebolan SMK, maka kamu wajib memilih yang linier dengan jurusanmu.

4. Strategi Mengerjakan yang Mantap

Kembali lagi masalah teknis. SBMPTN bukanlah masalah seberapa banyak soal yang dapat kamu kerjakan. Tetapi lebih condong ke seberapa penting soal itu untuk mendulang skor. Menurut saya, ada 4 hal yang wajib kamu perhatikan dalam mengatur strategi mengerjakan soal. 1) Jangan biarkan satu soal dari tiap mata tes yang tidak dikerjakan. Meskipun hasilnya minus.Iitu menandakan kamu ada usaha untuk mengerjakannya. 2) Buat target minimal soal dikerjakan benar. Semakin tinggi grade yang kamu ambil, maka semakin tinggi pula target soal benar yang kamu kerjakan. 3) Pastikan mata pelajaran khas dari prodi yang dipilih itu dikerjakan benar maksimal.4) Maksimalkah skor TPA kamu, inilah bagian yang sangat penting untuk mendulang skor. Jadi jika kamu merasa sudah mengerjakan TPA dengan kemungkinan benar sangat besar, maka bisa dimungkinkan skor yang kamu peroleh akan lebih tinggi.

5. LJK yang Rapi dan Bersih

LJK yang dulu kamu kerjakan akan dipindai dengan mesin scanner. Artinya hasil yang keluar merupakan murni hasil pembacaan scanner. Ciri LJK yang aman adalah LJK yang bersih, tidak berlubang, dan rapi. Ada kemungkinan karena begitu besarnya peserta yang ikut tes, ada LJK yang tidak bisa dipindai, maka hasilnya tidak dapat keluar.

Sesuatu yang sudah terjadi tidak bisa diulangi dan tidak perlu untuk disesali. Mungkin 5 hal yang menurut saya bisa menjadi tanda-tanda kamu bisa lolos SBMPTN. Apabila masih gagal, jangan berkecil hati, kalau masalah kuliah mah udah banyak perguruan tinggi yang bonafit dan tidak kalah dengan PTN.

Semoga postingan ini bisa bermanfaat buat kalian semua ya guys.

Regrat.
/[ 1 comments Untuk Artikel TANDA-TANDA LOLOS SBMPTN 2014]\
All About Story said...

Makasih kak infonya.

Post a Comment