Latihan Tes CPNS 2014

APA ITU GAGAL GINJAL?

|| || || Leave a comments


Ginjal merupakan organ ekskresi yang penting bagi manusia. Pada manusia organ tersebut berjumlah dua buah, berbentuk seperti kacang dan terletak dibelakang perut bagian atas. Setiap ginjal memiliki lebih kurang satu juga nefron. Fungsi organ ini adalah menyarung (filtrasi) darah yang membaca bahan-bahan beracun (urea, asam urat, dan kreatinin) dan air yang berlebihan, kemudian dibuang keluar tubuh dalam bentu urin. Setiap hari ginjal kita menyaring darah lebih kurang tujuh sampai delapan kali dari volume total di dalam tubuh.

Proses filtrasi darah pada ginjal dapat mengalami gangguan atau bahkan tidak dapat berfungsi. Hal ini dikenal dengan istilah gagal ginjal. Gagal ginjal dapat terjadi dalam waktu yang singkat (akut) dan jangka panjang (kronis). Hal tersebut dapat terjadi akibat pembengkakan ginjal (nefritis), diabetus melitus, batu ginjal, tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol,atau penggunaan obat yang berlebihan.
Gagal ginjal akan menyebabkan beberapa hal berikut:
Pertama, jaringan tubuh kita akan mengakumulasi bahan beracun yang terdapat di dalam darah yang tidak disaring.
Kedua, volume air di tubuh akan meningkat dan menyebabkan jaringan tubuh mengalami pembengkakan.
Orang yang mengalami gagal ginjal umumnya akan mengalami beberapa gejala, antara lain, wajah pucat, mudah letih, nafas pendek, tubuh gatal, mual dan muntah, serta mengalami pembengkakan pada wajah dan kaki. Apabila gagal ginjal tidfak diobati maka dapat menyebabkan kematian bagi penderitanya.

Gagal ginjal dapat diobati dengan berbagai macam cara,antara lain hemodialisis (cuci darah) atau transplantasi ginjal baru. 

Hemodialisis (cuci darah) adalah teknik buatan yang bekerja meniru fungsi ginjal. Pada teknik ini darah penderita dialirkan ke dalam mesin cuci darah yang terdiri atas beberapa tabung. Di dalam mesin tersebut akan disarin dari bahan beracung. Darah yang telah disaring kemudian akan dialirkan kembali ke dalam tubuh penderita. Penderita gagal ginjal umumnya harus menjalani tiga kali cuci darah dalam seminggu. Sekali cuci darah memakan waktu kurang lebih 3 sampai 4 jam sehingga penderita menjadi kurang nyaman akibat banyaknya waktu dan dana tersita untuk proses ini.
Cara lain untuk mengobati penderita gagal ginjal adalah dengan mentransplantasikan ginjal yang baru. Masalah yang mungkin dihadapi penerita adalah harus mencari donor ginjal yang tepat sehingga ginjal baru tersebut dapat  bekerja dengan baik. Selain itu pula, perlu juga diperhatikan penolakan dari tubuh penderita. Setelah kita tahu sulitnya pengobatan orang yangmengalami gagal ginjal kita wajib bersyukur, karena seharusnya kita menjaga ginjal kita yang merupakan pemberian Tuhan YME.    

ARTIKEL LAINNYA:

NYAMUK PELUMPUH OTAK  

TAOGE, SI KECIL NAN IMUT YANG BERKHASIAT

MANFAAT DARI SEPOTONG COKELAT


/[ 0 comments Untuk Artikel APA ITU GAGAL GINJAL?]\

Post a Comment