Latihan Tes CPNS 2014

TAOGE, SI KECIL NAN IMUT YANG BERKHASIAT

|| || || Leave a comments



Siapa mengira taoge atau kecambah dapat digunakan sebagai pengobatan herbal. Taoge merupakan kecambah yang berasal dari biji-bijian, seperti kacang hijau, yang memiliki bagian putih dengan panjang hingga 3 – 5 centimeter. Bentuk kecambah ini diperoleh setelah biji diproses beberapa hari. 


Hampir semua jenis taoge mengandung senyawa fitokimiawi yang sangat berkhasiat. Salah satunya adalah kanavanin, yaitu jenis asam amino bahan penyusun arginin terutama jenis taoge alfafa. Penurut sejumlah penelitian kanavanin mampu melumpuhkan bibit kanker, leukimia, usus, dan pankreas penghasil insulin. Jika dibandingkan dengan bijinya, kecambah taoge memiliki nilai gizi lebih tinggi. Kandungan protein kecambah 19 persen lebih tinggi. Hal ini dapat terjadi karena selama proses menjadi kecambah, terjadi pembentukan penyusun protein asam amino esensial yang merupakan penyusun protein utama. 

Jangan ditanya, khasiat dari si imut ini diantaranya adalah:

  1. Mencegah Kanker
Dalam proses pengecambahan atau menjadi taoge telah terjadi proses penguraian 90 persen rantai oligosakarida menjadi karbohidrat sederhan, sehingga senyawa tersebut dapat mudah diserap tubuh tanpa menghasilkan gas. Karena mengandung banyak serat dan air, taoge dapat membantu pengurasan kotoran dalam usus besar. Hal ini menjadi kekuatan ganda taoge dalam memerangi kanker. Di dalam usus besar bahan aktif taoge mendorong kotoran untuk meninggalkan usus besar, sehingga tidak ada lagi zat-zat racun dalam kotoran yang diserap oleh tubuh. Hal ini akan mencegah penumpukan zat racun yang dapat merangsang berseminya benih kanker. 

Menurut James Dukes, Ph.D, peneliti dan ahli botani dari Departemen Pertanian AS, ia mengemukakan bahwa taoge kedelai kaya senyawa antikanker lainnya. Kerja genistein lebih efektif ketika benik kanker sudah mulai bersemi. Karena pada saat itulah genistein akan belerja giat mengacaukan pasokan makanan bagi sel-sel kanker. Sehingga mereka akhirnya akan mati dengan sendirinya. Namun, sebaliknya, pasien wanita yang mengidap kanker payudara dengan tamoxifen harus membatasi konsumsi taoge. Artinya taoge ini perlu dibatasi jika jenis tumor atau kanker berkaitan dengan estrogen. 

  1. Mencegah Serangan Jantung dan Stroke
Para penyandang risiko stroke dan serangan jantung banyak disebabkan karena kadar lemah darah melambung, dianjutkan untuk lebih banyak mengkonsumsi taoge. Hal ini disebabkan saporin dalam taoge akan menghancurkan lemak jahat LDL tanpa mengganggu kandungan lemah yang baik DHL. Saponin yang besar dapat diperoleh dalam taoge alfafa, ketika proses biji-bijian menjadi kecambah, yang secara umum kadar saponinnya naik 45%. 

  1. Mencegah Osteoporosis
Estrogen alami terdapat dalam taoge berfungsi sama persis dengan estrogen sintesis. Tetapi keunggulan estrogen alami adalah tidak memiliki efek samping. Sehingga estrogen dalam taoge secara nyata dapat meningkatkan kepadatan tulang, susunan tulang, dan mencegah keroposnya tulang (osteoporosis). Dengan rajin makan taoge dapat membantu wanita terhindar dari gangguan menjelang mestruasi (PMS), keluhan semburat panas (hot flashes), pramenopause dan gangguan akibat menopause. 

  1. Membangkitkan Sistem Kekebalan Tubuh
Saponin dalam taoge juga dapat membangkitkan sistem kekebalan tubuh, yaitu dengan cara meningkatkan aktivitas sel pembuluh alami (natural killer cell), khususnya sel T-limfosit dan interferon. Selain serat DNA, taoge kaya zat antioksidan yang membentengi tubuh dari radikal bebas perusak sel DNA.

  1. Manfaat Lainnya
Karena bersifat alkali (basa), maka taoge sangat baik untuk menjaga keasaman lambung dan memperlancar pencernaan. Taoge juga baik untuk kecantikan, yaitu membantu meremajakan dan menghaluskan kulit, menghilangkan flek-flek hitam pada wajah, mengurangi jerawa, menyuburkan rambut, dan melangsingkan badan. Karena mengandung vitamin E, taoge juga dapat membantu meningkatkan kesuburan. 

Dengan mengetahui besarnya manfaat si kecil ini, maka mulai dari sekarang tidak ada salahnya bagi kita untuk mencoba pengobatan cara herbal ini. Yaitu pengobatan dengan bahan-bahan dari alam sekitar. Dan kita sebisa mungkin menghindari produk dengan kadar bahan kimia yang tinggi. 

Pesan saya, jangan meremehkan hal yang kecil di makanan sepele sekitar kita, termasuk taoge, karena semakin Anda tahu khasiat dari makanan itu, maka kita bisa menjaga kesehatan kita tanpa harus ketergantungan dengan obat. 

Semoga bermanfaat. 

SIMAK ARTIKEL LAINNYA:

CARA MEMBUAT NATA DE SOYA


/[ 0 comments Untuk Artikel TAOGE, SI KECIL NAN IMUT YANG BERKHASIAT]\

Post a Comment