Latihan Tes CPNS 2014

CARA MEMBUAT NATA DE SOYA

|| || || 2 comments
 


Kalau Nata de Coco kita sudah biasa, tapi kalau Nata de Soya, apaan tuh? Nata de Coco bahan dasarnya terbuat dari sari kelapa. Kalau Nata de Soya jika kita paham istilah biologi pasti tahu, ya, Soya itu kedelai. Jadi, bahan dasarnya adalah sari kedelai. Proses pembuatan keduanya sama.


Nata de Soya merupakan makanan segar yang dibuat dengan memanfaatkan limbah tahu yang dinamakan air kecutan limbah kedelai. Air kecutan diperoleh dari pemilahan sari kedelai sebelum menjadi kedelai.

Tujuan
Mengetahui cara pembuatan nata de soya dengan memanfaatkan limbah tahu dan mikroorganisme Acetobacter xylinum.

Alat dan Bahan
  1. Air kecutan limbah kedelai
  2. Acetobacter xylinum (cara pembuatannya baca di bawah)
  3. ZA
  4. asam cuka
  5. nampan (bak pemeram)
  6. kain
  7. saringan
  8. timbangan
  9. karet gelang

cara kerja

air kecutan disaring kemudian direbus sesuai dengan kebutuhan lalu dibiarkan dingin. Setelah dingin, dituangkan pada bak pemeram (nampan) dengan ditambahkan 10 gr ZA per liter dan 100 gr gula per liter lalu diaduk sampai rata. Kemudian ditambahkan asam cuka, diaduk lagi hingga rata, dan diinokulasi dengan Acetobacter xylinum. Kemudian nampan ditutup dengan kain bersih dan diikat dengan karet supaya tidak lepas, lalu diperam selama 7 hari (jangan digoyang-goyang). Setelah 7 hari akan dihasilkan nata de soya. Lapisan nata de soya memiliki ketebalan 1 cm atau beberapa mm.

pemanenan

nata yang telah dipanen, lapisan luarnya dikupas lalu dicuci, kemudia dipotong-potong dalam bentuk kotak-kotak/dadu. Potongan lalu direbus sampai mendidih. Air rebusan tersebut dibuang, kemudian potongan nata direndam dengan air biasa selama 3 hari. Air rendaman harus diganti setiap hari. Pada tahap akhir, nata tersebut direbus lagi dengan gula untuk memberi rasa manis. Setelah agak dingin, dapat ditambahkan esens sesuai selera dan siap untuk dihidangkan.


Pembuatan Bibit (Starter) Acetobacter xylinum

Untuk membuat starter Acetobacter xylinum kita tidak perlu membeli di pasar, karena kita bisa membuat sendiri di rumah. Caranya sebagai berikut.
  • Siapkan buah nanas, air kelapa, gula, pisau, blender, saringan, dan botol.
  • Nanas dikupas dan dibersihkan, kemudian dipotong kecil-kecil dan dihancurkan dengan blender seperti membuat jus.
  • Jus nanas disaring hingga tinggal ampasnya. Yakinkan sari nanas sudah terpisah dengan ampasnya
  • Ampas nanas, air kelapa yang sudah disaring, serta gula  dicampur sampai dengan perbandingan 6 : 3 : 1
  • Campuran dimasukkan ke dalam botol, kemudian ditutup rapat dan dibiarkan selama 2 – 3 minggu sampai terbentuk lapisan putih di atas campuran tersebut
  • Lapisan putih ini adalah koloni bakteri Acetobacter xylinum yang merupakan bibit untuk pembuatan nata.
 Demikian artikel tentang pembuatan Nata de Soya. 
Jangan lupa tambahkan saya dalam teman blog Anda atau kunjungi selalu blog saya di www.petualanganwikan.blogspot.com,  . Terima kasih. 

Semoga Bermanfaat. 

ARTIKEL LAINNYA: 

 
/[ 2 comments Untuk Artikel CARA MEMBUAT NATA DE SOYA ]\
Unknown said...

minta informasinya pak..
ZA itu apa yah, apakah jenis pupuk atau bukan

Unknown said...

waw

Post a Comment