Latihan Tes CPNS 2014

NYAMUK PELUMPUH OTAK

|| || || Leave a comments


Radang otak, penyakit ini disebabkan oleh virus Japanese enchepalitis, yang biasanya ditularkan oleh nyamuk Culex, jenis nyamuk yang kerap menggigit babi pembawa bibit virus tersebut.






Virus Japanese enchepalitis itu pertama kali diketahui mewabah di Jepang pada tahun 1924. sebanyak 55% penderita radang otak karena virus ini tak terselamatkan nyawanya. Lalu di Thailand persentase kematian mencapai 35%. Di China penyakit tersebut pernah menginfeksi 122.995 orang. 

Japanese enchepalitis biasanya berkembang biak pada tubuh binatang ternak, seperti babi, kuda, kambing, kerbau, sapi, dan burung

Japanese bisa menulari manusia lewat nyamuk kelompok Culex. Nyamuk ini memiliki ciri: posisi tubuhnya sejajar dengan permukaan tempat nyamuk ini hinggap. Kepala dan paruhnya menekuk ke bawah. Serangga ini bisa bertelur di air bersih dan kotor, serta beraksi di siang dan malam hari. Ia banyak hidup di daerah peternakan. 

Ketika Culex menggigit manusia, Japanese masuk ke dalam darah. Pada tahap awal korban mengalami gejala demam, sakit kepala, mual-mual dan pegal di seluruh tubuh. Dalam satu-dua pekan, virus ini bisa masuk ke dalam otak lewat aliran darah. Setelah sampai di pusat saraf, hanya butuh 1 hingga 7 hari untuk berkembang biak. 

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhUbxYnueNmDMCgjReWhwCOFB03JQN-wmT5elalQcT05fXE3m00yylLBvd943vSLX3weBfgz92YBK6Plwo8dfW5sSUbAplcyEmf7b96Cf8AIF8sEAebaWy-DK9vTzDJuNPR2tQ6ImLi1qpJ/s400/Japanese_B_Encephalitis_cycle.gif

Serangan di otak ini membuat penderita mengalami radang otak. Radang otak ini akan menyebabkan penderita lumpuh sebagian dan bahkan total, serta gangguan fungsi emosi dan berpikir, sampai tidak sadarkan diri. Kemungkinan sembuhnya pun samat tipis, karena penyakit yang dihadapi adalah jenis virus yang dapat hidup dan “pura-pura” mati di tubuh inangnya. Sedangkan risiko kematian pun bervariasi antara 10% sampai 50%. Tergantung pada kecepatan penanganan dan keganasan virus. 

Untuk mencegah timbulnya penyakit ini, pasien harus divaksinasi. Cuma masalahnya harga vaksin ini cukup mahalm yaitu sekitar Rp 1,5 juta sekali suntik. Untuk tindakan preventif, dianjurkan menyemprotkan pembasmi nyamuk dan selalu menjaga dan membersihkan lingkungan tempat tinggal, terutama di lingkungan peternakan.  Virus ini sudah menyebar di berbagai negara di dunia melalui perpindahan manusia atau pun hewan dari negara asal ke negara lain. Berikut ini peta penyebaran virus Japanese enchepalitis

http://pathmicro.med.sc.edu/mhunt/wnile-dist.gif

Demikian artikel tentang Virus Japanese enchepalitis dan penyebarannya. Semoga tambah pengetahuan dan semakin bijak menyikapinya.

tag: nyamuk culex, virus, Japanese enchepalitis, radang otak, lumpuh
/[ 0 comments Untuk Artikel NYAMUK PELUMPUH OTAK ]\

Post a Comment