Latihan Tes CPNS 2014

SEPUTAR UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG

|| || || Leave a comments

http://t0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRldk8eULxBnUr0ICoyvew1j7e7l5NRlloTzwOVTAbhlcYxShsvhttp://t0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSJYbu-2D1b7ofHxQC9BP11USzYjieMlnxyJpwSbkX4eTmw2y4xSw

Siapa yang tidak tahu salah satu kampus terbaik Indonesia yang bertempat di Kota Dingin Malang - Jawa Timur. Suasana Kota yang cocok untuk belajar menjadi salah satu pendorong banyaknya orang-orang berbondong-bendong menimba ilmu disana. 

Universitas Brawijaya menduduki peringkat ke - 6 Perguruan Tinggi di Indonesia dan peringkat 1052 di Dunia versi Webometric. Prestasi ini sangat membanggakan khususnya bagi perguruan tinggi di Jawa Timur. UB pun mampu menyaingi kampus sekelas Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yang hanya bertengger di posisi ke - 9.


Universitas Brawijaya (biasa disingkat UNBRA, UNIBRAW atau singkatan resmi UB) merupakan lembaga pendidikan tinggi negeri yang berdiri pada tahun 1963 melalui Ketetapan Menteri Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan No. 1 tanggal 5 Januari 1963, kemudian disahkan oleh Keputusan Presiden no. 196 tahun 1963 yang kemudian tanggal 5 Januari ditetapkan sebagai hari lahir Universitas Brawijaya. Saat ini UB merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang terkemuka di Indonesia yang mempunyai jumlah mahasiswa lebih dari 60 ribu orang dari berbagai strata mulai program Diploma, program Sarjana, program Magister, dan program Doktor 

Lahan kampus utama seluas 58 ha terletak di kawasan barat kota Malang, tepatnya di Jalan Veteran. Gedung-gedung dalam Kampus pada umumnya berarsitektur Jawa yang ditata sedemikian rupa sehingga menyatu dengan suasana kampus yang asri dan rindang. Untuk meningkatkan efisiensi penggunaan lahan kampus, gedung-gedung UB kebanyakan berlantai 3 bahkan di beberapa fakultas gedungnya berlantai 7. Kini UB juga membuka kampus di kota Kediri.

 Gedung kantor pusat berlantai 8 dengan bangunan yang sangat khas, saat ini menjadi maskot UB. Secara keseluruhan UB memiliki aset tanah seluas 1.813.664 m2 (181 ha). Dari luas tanah tersebut 58 ha terletak di dalam Kota Malang dan merupakan wilayah utama kegiatan universitas. Lahan seluas 73 ha merupakan lahan laboratorium dan lahan percobaan di propinsi Jawa Timur di luar kota Malang, yaitu di Cangar, Jatikerto, Dau dan Sumberpasir. Sedangkan sisanya, seluas 92 ha, terletak di Lampung dan merupakan lahan percobaan untuk bidang pertanian


Kehidupan kampus UB dan sekitar kampus juga sangat nyaman, aman, dan biaya hidup yang murah. Bagi yang menuntut ilmu di UB, ada beberapa alternatif tempat tinggal di dalam dan sekitar kampus antara lain asrama mahasiswa di Griya Brawijaya, rumah kost, dan rumah kontrak. Lokasi rumah kontrak atau kost untuk lingkungan kampus berada di daerah Watugong, Ketawang Gede (Kerto), Sumbersari, Jalan Gajayana, dan lain-lain. Untuk sampai di kampus UB dari lokasi tersebut dapat dijangkau dengan jalan kaki, kendaraan pribadi, atau kendaraan umum seperti berbagai macam jalur angkutan kota yaitu LDG, ADL, AL, GL, LG, JPK, TSG, JDM. Untuk Kampus Fakultas Teknik, Ilmu Administasi, Ekonomi dan Pasca Sarjana dilalui jalur angkot ADL, LDG, JPK dan TSG. Sedangkan untuk jalur yang melalui gerbang utama kampus Brawijaya (Jalan Veteran) yaitu angkot AL, GL, LG, dan JDM. Selain angkutan kota tersedia juga taksi yang melalui jalur kampus.


http://ws.ub.ac.id/offweb/files/header_image/ub-2013_20131030045513.jpg

Dengan mengemban moto "World Class Entrepreneurial University" Universitas Brawijaya semakin mantap menatap masa depan para lulusan yang memiliki kemampuan di bidang enterpreneur atau kewirausahaan. 

Universitas Brawijaya memiliki beberapa Fakultas dan program andalan, untuk lebih lengkapnya silakan baca langsung di website resmi Universitas Brawijaya disini.

Biaya pendidikan UB menerapkan sistem subsidi silang. Artinya, bagi mahasiswa yang berlatar belakang ekonomi baik diharuskan membantu teman-temannya yang berlatar belakang ekonomi kurang. Jadi, bisa dipastikan setiap mahasiswa yang diterima di UB memiliki kewajiban membayar biaya pendidikan yang beragam. Disamping itu, biaya pendidikan juga ditentukan dari jalur apa siswa itu masuk UB. Di tahun 2013 yang lalu, untuk lebih jelasnya daftar biaya pendidikan di UB tahun 2013 jalur umum bisa diunduh melalui link berikut ini. 


Untuk pendaftaran seleksi masuk, Universitas Brawijaya membuka 9 macam jalur bagi semua program dan jenjang. Bagi level sarjana, secara umum ada 3 macam, yaitu SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), dan SPMK (Seleksi Program Minat dan Kemampuan) atau dikenal dengan jalur mandiri. 

Website resmi UB bisa diakses di www.ub.ac.id dan untuk informasi pendaftaran mahasiswa baru bisa kunjungi di www.selma.ub.ac.id

Demikianlah seklumit info tentang Universitas Brawijaya Malang Jawa Timur. Semoga dapat memberi inspirasi dan semangat bagi kita untuk lebih giat belajar. Salam blogger.
/[ 0 comments Untuk Artikel SEPUTAR UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG]\

Post a Comment