Latihan Tes CPNS 2014

TIPS SUKSES LOLOS SNMPTN

|| || || Leave a comments
inilah Tips Sukses Lolos SNMPTN.

1. Ketahuilah SNMPTN menghendaki nilai yang konsisten

Ingat, syarat nilai rapot yang dipakai adalah semester 1 - 5. Artinya dari kelas 1 semester 1 sampai dengan kelas 12 semester 1. Pilihlah mata pelajaran utama misal jurusan IPA (Matematika, Biologi, Kimia, Fisika) yang nilainya konsisten. Konsisten ini diartikan sebagai keajegan belajar kalian selama berada di bangku SMA mulai semester 1 sampai dengan semester 5. Karena keberhasilan belajar versi SNMPTN adalah tren perkembangan nilai yang semakin meningkat dari waktu ke waktu. Untuk lebih jelasnya, perhatikan perkembangan nilai di bawah ini.

Nama : Bunga (samaran)
Asal sekolah : SMA 1 Sukses SNMPTN  (fiktif)

Perkembangan nilai Matematika semester 1-5

80, 85, 88, 88, 95 (konsisten)

Nama : Kecubung (samaran)
Asal sekolah : SMA 1 Sukses SNMPTN  (fiktif)
Perkembangan nilai Matematika semester 1-5

90, 80, 89, 81, 95 (tidak konsisten)

Dari data di atas, diketahui bahwa kecubung memiliki nilai yang fluktuatif bila dibandingkan dengan Bunga. Bisa diartikan bahwa meskipun bunga nilainya tidak setinggi kecubung, tetapi dari segi konsistensi bunga memiliki nilai yang lebih baik.
Jadi, kini kalian semakin tahu, bahwa dengan nilai konsisten, kita dinilai memiliki kemampuan atau istilah trennya yaitu memiliki kompetensi dilihat dari track record perkembangan belajar yang semakin meningkat.

2. Ketahui Bakat, dan Minatmu

Hal ini merupakan hal yang paling penting. mengetahui bakat dan minat akan membantumu dalam memilih jurusan. Kenalilah dirimu melalui berbagai macam tes minat dan bakat yang dapat kalian peroleh dari guru Bimbingan Konseling. Atau kalian dapat mengikuti tes IQ, tes bakat dan tes lainnya yang relevan.

Pada dasarnya kelompok bidang keilmuan yang ditawarkan secara garis besar terbagi menjadi 2 yakni:

  • Sainteks (Sains, Teknologi, dan Seni Keterampilan)
  • Soshum (Sosial, dan Humaniora)
salah satu dua kelompok bidang ini yang nantinya akan kalian pilih satu prodi pada waktu mengisi kelompok jurusan yang diambil di SNMPTN.

Kalian sebenarnya boleh memilih jurusan lintas jalur jika kebijakan tahun 2013 masih berlaku. Misalnya anak IPS ingin masuk ke kedokteran, anak IPA ingin masuk ke sastra Prancis. dll.  Tetapi perlu diingat, hal ini sangat berisiko sekali, soalnya kalian jelas tidak berkompeten di bidang tersebut melihat kalian tidak pernah mempelajari materi lintas jalur. Dan PTN pun lebih menyukai siswa yang linier (sesuai dengan jurusannya).

3. Ketahui Peta Persaingan

Peta persaingan dalam istilah umum dikenal sebagai Indeks Daya Saing (IDS). Bagi sebagian bimbingan belajar banyak menggunakan IDS untuk mengarahkan kalian pada jurusan tertentu. Tetapi, menurut saya, IDS masih memiliki banyak kelemahan dan saya pastikan IDS bukan penentu skoring kalian. Jadikan IDS sebagai referensi saja.
Rumus IDS adalah :


Cara cepat kalian untuk mengetahui peta persaingan itu ada 2 macam:
  • Melihat IDS versi lengkap. yang paling penting bukan angka IDSnya, tetapi jumlah peserta tahun lalu dan jumlah kursi yang disediakan untuk tahun 2014.
  • Melihat database teman-teman kalian yang mendaftar di perguruan tinggi negeri. Usahakan tidak ada siswa yang mengambil prodi yang sama di PTN yang sama di SNMPTN. Jika itu terjadi, bisa dipastikan salah satu akan tersingkir. Karena SNMPTN cenderung membagi jatah kursi untuk banyak sekolah dan jatah untuk jalur lainnya selain SNMPTN. Database bisa kalian dapatkan di BK, jika tidak ada, mintalah guru BK membuatnya. 
4. Pilihlah PTN yang menurut kalian mampu

artikel masih dalam tahap penulisan. Konten masih berlanjut. Silakan update terus perkembangan info SNMPTN di label info PTN






/[ 0 comments Untuk Artikel TIPS SUKSES LOLOS SNMPTN]\

Post a Comment