Latihan Tes CPNS 2014

Mengapa Harus SNMPTN?

|| || || Leave a comments

http://bksmkpariwisata.files.wordpress.com/2011/03/kuliah-atau-bekerja.jpg
Gambaran di samping mungkin mewakili kondisi yang kalian alami sekarang ini? mau kemana tapi masih belum jelas. Ya, bagi kalian yang ingin melanjutkan studi setelah tamat SMA yaitu kuliah, khususnya yang ingin mengambil jurusan favorit di perguruan tinggi negeri (PTN) tentu mulai sekarang harus segera menentukan pilihan. Berbagai macam promosi ditawarkan oleh kampus melalui kakak tingkat kalian atau perwakilan dari kampus masing-masing di sekolah kalian.

SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) yang dirilis untuk tahun 2013 sebagai pengganti istilah pendahulunya yaitu SNMPTN Jalur Undangan. Di tahun 2014 kemungkinan istilahnya akan tetap sama dan cara penerimaan juga relatif sama tetapi akan ada sedikit perubahan terutama di sistem penyeleksian.
 
Tidak sedikit dari siswa siswi yang menginginkan dapat masuk perguruan tinggi tanpa harus bersusah payah, apalagi kalau disuruh tes. Beberapa dari kalian mungkin merasa pesimis karena hanya siswa yang pandai saja yang dapat ikut dan lolos SNMPTN. Benarkah? Jawabannya tidak. Mengapa harus SNMPTN?. Inilah beberapa hal yang menjadi alasan mengapa banyak siswa memilih jalur SNMPTN.

  1. SNMPTN dapat diikuti oleh seluruh siswa yang telah terdaftar.
  2. SNMPTN hanya dapat diikuti siswa kelas 12 pada tahun pelajaran yang sama dan berlaku sekali seumur hidup
  3. SNMPTN tidak melalui proses seleksi tulis alias tanpa tes
  4. SNMPTN gratis 
  5. SNMPTN mudah dan pendaftarannya bisa dilakukan dirumah dengan akses internet yang cukup
  6. SNMPTN tidak menjamin siswa pandai selalu lolos seleksi karena sistem penerimaan cukup kompleks dan tidak hanya menggunakan satu kriteria penilaian saja.
  7. Siswa yang lolos jalur SNMPTN memiliki peluang untuk berbagai macam fasilitas kampus terutama dalam masalah pembiayaan yang relatif lebih ringan.
  8. SNMPTN merupakan suatu kebanggaan bagi siswa
  9. Kuota siswa yang akan diterima relatif lebih banyak bila dibandingkan melalui jalur seleksi lainnya  
  10. Pengumunannya paling awal, jadi akan memberikan ketenangan bagi siswa karena sudah diterima di PTN 
Demikian 10 hal yang menjadi alasan banyak siswa memilih jalur SNMPTN. Bagi kalian yang berniat, mulailah dari sekarang mempersiapkan diri. Simak bagaimana alur penerimaan SNMPTN di sini.

ARTIKEL TERKAIT:



Cara Pemilihan Prodi di SNMPTN 2014
Apa yang Harus Dipersiapkan untuk SNMPTN 2014?
Pola Penerimaan Mahasiswa Baru 2014
Rahasia Sukses Lolos SNMPTN 2014
Daftar Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia
Ketahui Potensi diri

/[ 0 comments Untuk Artikel Mengapa Harus SNMPTN?]\

Post a Comment