Latihan Tes CPNS 2014

Rahasia Sukses Lolos SNMPTN 2014

|| || || Leave a comments
Salam blogging sob, 

Dalam kesempatan ini saya akan berbagi Rahasia sukses lolos SNMPTN. Mungkin terlalu dini bagi Saya untuk memberikan rahasia sukses lolos SNMPTN, karena penyelenggaraan SNMPTN masih dalam pematangan di Direktorat Jendral DIKTI. Namun, bagi kalian yang ingin tahu bagaimana panitia bekerja tidak ada salahnya saya menginformasikan tentang hal ini. Di beberapa sekolah informasi ini adakalanya sudah kalian ketahui, dan mungkin sebagian dari kalian ada yang belum mengetahuinya.

Saya tekankan bahwa keberadaan saya bukan sebagai bagian dalam kepanitiaan SNMPTN atau orang spesial diantaranya, saya sekedar share informasi. Informasi ini hanyalah gambaran dari berbagai macam sumber dan kemungkinan yang memberikan peluang bagi kalian yang ingin mengikuti program SNMPTN. Jika informasi ini bermanfaat, silakan sebarkan ke teman-teman atau saudarah sekitar demi kebaikan bersama.

Perlu kalian ketahui, bahwa sistem seleksi tahun 2014 relatif akan sama seperti tahun seleksi tahun 2013 kemarin, yaitu sama-sama dilaksanakan secara komputerisasi online. Artinya semua data diinput melalui akses internet dan akan diumumkan secara online pula. Mulai dari pendaftaran, seleksi, hingga pengumuman siswa yang lolos dilakukan online. Hal ini dimaksudkan agar dalam penyelenggaraan seleksi tidak ada manipulasi data, praktik korupsi kolusi dan nepotisme (KKN), maupun tarikan pungutan yang sangat membebani calon mahasiswa.

Pahamilah sekilas ini memang cara ini dapat mempermudah kerja kita dan panitia, tetapi harus kita sadari bahwa komputer itu bekerja berdasarkan data dan alur alogaritma perintah, artinya segala sesuatu harus ada data lengkap, prosesnya tersistem secara rapi dan sesuai dengan petunjuk teknis pelaksanaan. Apabila ada kesalahan data sedikit saja, maka dapat dimungkinkan tahapan proses seleksi selanjutnya tidak dapat dilakukan.

Berbeda ketika proses seleksi dilaksanakan secara manual oleh tenaga manusia. Kesalahan data yang sepele mungkin masih bisa dimaklumi, dan mungkin bagi petugas yang berbaik hati akan menghubungi kita untuk segera memperbaiki data.

Banyak sekali laporan siswa yang mengeluhkan rumitnya proses SNMPTN. Di tahun 2013 saja, banyak siswa dan guru yang komplain dan merasa kebingungan, ada kasus siswa dengan segudang prestasi pun masih juga ada yang tidak lolos dalam SNMPTN. Sebagian masyarakat awam mengatakan bahwa SNMPTN itu "untung-untungan".

Kalian bisa mengikuti program khusus SNMPTN di sekolah maupun bimbingan belajar yang ada di dekat rumah kalian dan menyediakan fasilitas layanan konsultasi siswa untuk persiapan masuk perguruan tinggi negeri. Ini menurut saya sangat amat membantu, karena pada saat menghadapi suatu pilihan dan harus memutuskan, kalian memerlukan perlu mendapatkan pendamping yang tepat.

Sebelum kalian mempelajari Rahasia sukses lolos SNMPTN perlu kiranya kalian mengetahui terlebih dahulu tentang Alur SNMPTN yang telah dilaksanakan di tahun 2013 kemarin yang kemungkinan diterapkan di tahun 2014 nanti dengan beberapa perubahan. Adapun alur SNMPTN dapat dibaca di artikel berikut.

klik --> ALUR SNMPTN 

Bagi kalian yang sudah membaca, silakan simak Penting, sebelum kalian melanjutkan membaca, pelajari terlebih dahulu alur SNMPTN dimana kalian akan menyadari bahwa yang diperhitungkan dalam keputusan lolos atau tidaknya kalian adalah melalui proses SKORING. SKORING adalah pemberian nilai pada masing-masing aspek yang dipersyaratkan SNMPTN pada akhirnya secara akumulatif .

Proses skoring itu rahasia panitia SNMPTN. Jadi tidak ada kata curang dalam SNMPTN. Semua memiliki dasar dan alur yang sudah ditentukan. Tidak boleh seorang pun tahu dan menyebarluaskan skor tersebut karena ini merupakan kebijakan privasi lembaga/panitia.

Kemudian, jika kita mengikuti bimbingan belajar, dasar mereka apa untuk "memastikan" para siswa didiknya dalam menentukan lolos atau tidaknya pilihan jurusan? Yang biasanya diterbitkan oleh beberapa bimbel seperti  passing grade, indeks daya saing, dan sebagainya hanyalah data yang sudah diolah untuk kepentingan pelayanan kepada siswa. Ada peluang itu mendekati benar, ada juga peluang itu jauh/salah. Jangan pernah kalian seribu persen mengikuti petunjuk dari bimbel tersebut. Ikuti yang menurut kalian terbaik, dan jangan ikuti kalau itu tidak sesuai dengan logika dan hati nurani kalian. Tapi penting pula mendengarkan saran dari mereka.

Alat-alat yang digunakan oleh bimbel bukanlah prasyarat yang dapat menentukan seseorang lolos atau tidaknya. Jadi saya yakin, tidak ada satupun pihak yang bisa memastikan lolos atau tidak siswa dalam SNMPTN bimbel sekalipun. Mereka hanya sekedar mengukur dan memprediksi apakah kalian layak untuk masuk pada jurusan tertentu itu.

Wajib digaris bawahi, kata "lolos" berbeda dengan "diterima". Memang hampir serupa, tetapi lolos belum tentu diterima. Misalnnya kalian memiliki kemungkinan skor dan berpeluang untuk lolos, tetapi masih dimungkinkan nama kalian tidak tercantum di pengumuman. Karena kalian gugur saat proses penyeleksian menurut alur SNMPTN. Atau kalian dinyatakan lolos dalam pengumuman, tetapi ketika pendaftaran ulang kalian tidak bisa memenuhi persyaratan yang diminta PTN ybs maka bisa mungkin kalian tidak diterima.

Nah, tentu kalian akan dibuat pusing setelah membaca tulisan di atas, jangan khawatir, saya akan mencoba mengajak kalian untuk mereview kembali tentang hal-hal yang menjadi kunci sukses SNMPTN. Karena dengan membaca hal tersebut kalian akan dengan mudah mempelajari rahasia sukses lolos SNMPTN.

Tidaklah banyak kunci untuk sukses dalam SNMPTN.Menurut informasi yang saya dapat, saya simpulkan hanya Ada 4 macam kunci sukses SNMPTN (tahun 2013):

1. Prestasi belajar yang kompeten dan memiliki daya saing

Prestasi belajar yang dimaksud adalah nilai rapor kalian pada semester 1 sampai dengan semester 5 (Kelas X s.d kelas XII semester 1) plus nilai Ujian Nasional (meskipun diisukan UN tidak berjalan baik) serta diperkuat dengan prestasi akademik dan non akademik yang diakui SNMPTN. Kompeten artinya nilai yang kalian peroleh pada mata pelajaran tertentu akan dapat mewakili kemampuan kalian pada jurusan yang diambil, yaitu sebagai wujud prestasi yang baik kalian selama belajar di sekolah. Daya saing jelas menjadi prioritas agar kalian dapat lolos SNMPTN, yaitu kemampuan untuk menumbangkan lawan-lawan dari sekolah lain.

2. Kualitas Sekolah

Bukan sekedar bagus nan megah, tetapi kualitas sekolah ditunjukkan dengan akreditasi sekolah dan penilaian-penilaian lainnya. Tujuannya faktor ini dimasukkan sebagai kunci sukses adalah sekolah merupakan penyelenggara pendidikan. Semakin baik kualitas sekolah maka PTN mengharapkan semakin baik pula kualitas peserta didiknya. Jadi perguruan tinggi sangat mengapresiasi sekolah yang kualitasnya tinggi dengan memberikan peluang yang lebih tinggi dibandingkan dengan sekolah lain yang kualitasnya lebih rendah.

3. Sebaran Lulusan / Alumni

Terkait dengan poin ke dua, tersebar kabar ada suatu perguruan tingi negeri mem-black list sebuah sekolah dimana jika ada kakak kelas yang dahulu waktu pengumuman dinyatakan lolos tetapi tidak jadi mengambil karena sesuatu hal, akhirnya yang menjadi korban adalah adik kelasnya. Menurut pemantauan yang saya lakukan, itu tidak sepenuhnya benar. Memang perguruan tinggi negeri bisa mem-black list suatu sekolah dengan mencoret sekolah dari daftar peserta yang akan masuk ke PTN tersebut, tetapi hanya pada kasus pelanggaran yang dinilai terlalu berat. Misalnya sekolah sengaja melakukan manipulasi data nilai siswanya agar bisa lolos, dsb.

Namun yang dimaksud sebaran lulusan bukan itu, sebaran ini adalah siswa dari sekolah yang bersangkutan selama beberapa tahun terakhir itu mendaftar dan diterima di program studi yang sama maka kesempatan adik kelas untuk lolos akan cukup terbuka lebar. Ini dinilai oleh PTN sebagai bentuk konsistensi guru / sekolah dalam mencetak kader lulusan yang kompeten di bidang yang sama. Contoh, Universitas A prodi B telah menerima mahasiswa baru dari sekolah SMA C dari tahun ke tahun jumlahnya semakin meningkat. PTN dapat menyimpulkan bahwa sekolah SMA C telah berhasil mendidik siswanya di bidang B sesuai dengan jurusan/prodi yang diambil.

Sebaran alumni yang akan dinilai dalam SNMPTN adalah : 1) alumni yang konsisten diterima di prodi tertentu, 2) alumni yang berprestasi saat kuliah

4. Tetapkan Strategi Bersaing

Kalian sudah berkomitmen, SNMPTN adalah ajang bergengsi untuk bersaing. SNMPTN adalah kesempatan yang prestisius karena kalian akan mempertaruhkan nilai kalian untuk ditandingkan dengan ribuan,bahkan ratusan ribu siswa yang mendaftar di SNMPTN. Teman sendiri apabila mengambil prodi sama dengan dirimu, artinya pada saat itu juga dia adalah MUSUH kamu. Kemudian pilihan prodi tertentu sangat menentukan, jika kalian benar-benar merasa yakin nilai kalian mampu untuk diajak bertarung, silakan anda pilih prodi yang memiliki Indeks Daya Saing (IDS) tinggi (Misalkan kedokteran PTN X), tetapi jika kalian ragu dengan nilai kalian, alias nilainya sedang-sedang saja, maka sangat tidak dianjurkan untuk memilih prodi dengan IDS tinggi. Apa itu Indeks Daya Saing (IDS) PTN?, silakan baca penjelasannya dengan klik di sini.

Nah, sudah semakin jelas? Dari ketiga kunci pokok di atas, apabila kalian telah dibekali hal yang cukup dari ketiga hal tersebut maka dapat saya pastikan peluang kalian untuk lolos di SNMPTN akan semakin besar.

Jika ada yang menanyakan bagaimana strategi atau tips untuk lolos SNMPTN? silakan klik disini.

/[ 0 comments Untuk Artikel Rahasia Sukses Lolos SNMPTN 2014]\

Post a Comment