Latihan Tes CPNS 2014

ASAL - USUL KERTOSONO

|| || || 5 comments
Hai Sobat blogger !
Kali ini saya mengisahkan sebuah tempat yang mungkin sudah Anda kenal dan mungkin ada diantara Anda yang belum mengenalnya. Ini mengenai  kota tepatnya kecamatan dimana saya tinggal. Ya, sesuai dengan judulnya saya berada di Kota Kertosono. Bagi Anda yang berdomisili di wilayah Kabupaten Nganjuk terutama Kecamatan Kertosono, sangatlah dianjurkan untuk membaca artikel ini.

http://w0.fast-meteo.com/locationmaps/Kertosono.12.gif
Peta Kertosono


Kertosono adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Indonesia.
Kecamatan ini terletak di bagian paling timur Kabupaten Nganjuk, berbatasan dengan wilayah Kabupaten Jombang dan Kabupaten Kediri. Kertosono terletak di persimpangan jalur utama Surabaya - Yogyakarta dsk, dan jalur menuju Kediri, Blitar, Tulungagung Trenggalek.
Pusat kota Kertosono berjarak kira-kira 19 km dari kota Jombang, 23 km dari Nganjuk, dan 23 km dari Kediri.

Perlu untuk diketahui bahwa kuliner khas Kertosono adalah nasi campur (Dikenal sebagai Sego tumpang dan pecel ) informasi selengkapnya tentang kuliner ini silakan simak artikel terkait nasi tumpang pecel.

Sejarah Kertosono

Konon dahulu kala nama Kertosono diambil dari seorang nama pahlawan yang berasal dari daerah Kuncen Kecamatan Patianrowo. Dulu hidup seseorang yang bernama Kertosono atau biasa di panggil Mbah Kerto, Beliau adalah seorang pembabat hutan yang menjadi wilayah Kertosono sekarang. Beliau adalah sosok tokoh yang melakukan babat alas hanya untuk mempertahankan daerah tersebut dari jajahan bangsa Belanda yang waktu dulu sedang berkuasa. Namun kejadian bersejarah mulai terjadi ketika pasukan yang di komandani Mbah Kerto mempertahankan tempat tersebut dari jajahan Belanda yang di kenal dengan terjadinya perang “Treteg Tosono” yang berada di atas jembatan sungai Brantas. Berikut ini kisah mulanya.

Para tentara Belanda sendiri membangun jembatan sebagai jalur penghubung sekaligus mempermudah Belanda menjajah tempat tersebut, namun dengan kegigihan pasukan Mbah Kerto pertumpahan darah pun tak terelakkan. Saksi bisu dari perang “Treteg Tosono” kini masih gagah berdiri di terjang waktu dan aliran sungai Brantas meskipun kondisinya tidak memungkinkan lagi untuk dilalui kendaraan. Coba kita perhatikan kondisi Treteg Tosono dibawah ini yang saya ambil dari Pak Dhe Google.  Cukup mengenaskan tetapi menyimpan penuh sejarah dan kenangan.


Dahulu, sebelum terselesaikannya jembatan kertosono baru, jembatan ini digunakan sebagai jalur utama angkutan bis umum yang keluar dari terminal kertosono menuju ke Surabaya. Sekarang, karena sudah tidak difungsikan lagi sebagai jalur utama, jembatan ini hanya boleh dilalui oleh kendaraan roda dua, dan biasanya di waktu bulan Ramadhan atau hari raya (bodo) banyak penduduk yang sengaja datang ke Treteg Tosono yang kini disebut sebagai jembatan lama, tidak hanya sekedar untuk refresing sambil melihat aliran sungai Brantas, tetapi mereka juga sambil mengingat kembali sejarah seraya mendoakan arwah para pahlawan yang gugur ketika perang Treteg Tosono dulu.

Tahukah Anda bahwa di Kecamatan Kertosono tidak mengenal wilayah khusus yang bernama Kertosono. Berbeda dengan Nganjuk, disana masih ada desa yang bernama Nganjuk. Di Kecamatan Kertosono tidak ada tempat yang bernama Kertosono ataupun desa Kertosono, di karenakan Kertosono bukanlah nama tempat, kembali lagi ke sejarah di awal bahwa Kertosono sendiri sendiri adalah nama dari seorang pahlawan yaitu Mbah Kerto itu sendiri yang berjuang merebut kedaulatan di daerah jembatan Tosono. Dan nama beliau dahulu, sekarang, dan yang akan datang akan tetap Abadi untuk selalu dikenang. Sekarang, makam dari Mbah Kerto tidak berada di Kecamatan Kertosono melainkan di barat Pondok milik Pak Haji Komari di Desa Pakuncen kecamatan Patianrowo.

Demikian sekilas informasi tentang Asal-Usul Kertosono. Bagi Anda yang berkunjung di kota Kertosono,
Lokasi-lokasi yang mungkin dapat membantu Anda ketika berada di Kertosono:

1. Stasiun Kereta Api Kertosono

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg6C_o-HpwzRY2U_RHOmG5sInm_8nBAQvJVr9TKCPCgJUTl7xa9vhiauMjpiYVjzmCA0QTilhtTfw8tvrT0FTDtcicy9ke53nM4JPhjlhsayz6gXdamB8CDvBIVTS_KdvuNE2eHY1y94vTS/s1600/IMG_1069.JPG
tampak depan Stasiun Kertosono

Meskipun tingkat kecamatan, tetapi letak stasiun Sertosono sangat penting, karena merupakan persimpangan jalur kereta api yang menghubungkan Surabaya - Kertosono - Malang. Dan kota-kota besar lainnya, seperti Solo, Semarang, Jogjakarta, Jakarta, Bandung dsb. Hampir dipastikan banyak kereta jalur jarak jauh berhenti di stasiun besar Kertosono.

2. The Legend Waterpark Kertosono

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiAgZPHF2ybMOPnajkAki9LMm7z-yEjWWSA78AEpPBQtkcB3LPxU4g4YEDmSHGp04AbVedqk-h24EVoCWJ3oG2XFdiyQd9QY4RMk_N1RrPvQXFE8AnJkC2l7XOLsHIBAAQ6o6IMAnFDXbUE/s1600/waterpark.jpg
tampak depan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgjVCToe1fj8HEBXAi_jUUTmg73UIZ9HTou7-qgUyNW79jOkXDwEPrMip2OUSIAh2ImDHoSt1nlbzESGwQUysSIj9UA6TWPg5HIsTrgoWZyyhm_seyal6H4xjLItwBgIDYBVXA5-DPFrYcG/s1600/kertsno.jpg
tampak dalam
Merupakan obyek rekreasi keluarga dan pendidikan berupa kolam renang beserta alat permainannya yang mengambil konsep Dinosaurus. Dengan memadukan prinsip rekreasi dan edukasi bagi anak-anak dan keluarga obyek wisata ini menjadi primadona bagi pengunjung yang sekarang tidak perlu lagi keluar kota kalau hanya untuk menikmati wahana waterpark. Untuk mengisi liburan Anda beserta keluarga tidak ada salahnya mengunjungi The Legend Water Park Kertosono dijamin murah, dan puas. Informasi lebih lengkap silakan kunjungi situs resminya di http://thelegendwaterparkkertosono.com/



3. Jembatan Tua Kertosono

http://img.wongkediri.net/kediri-kuno/jembatan-lama-1900.jpg
dulu


http://t0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRgr-xANzxoSp9hqxLjqvFPP1mlXFqGnXYzyVr0LoWBfyn42R_E6w
bandingkan

Inilah jembatan yang memiliki nilai historis tinggi dan menjadi asal usul Kota Kertosono yang telah dijelaskan di muka. Biasanya setiap pagi di bulan Ramadhan daerah sekitar sini sangat ramai orang untuk ngabuburit setelah sholat subuh. Kini pemakaiannya sangat dibatasi mengingat usianya. Untuk kisah lebih lengkapnya silakan kunjungi artikel sejarah disini.

Tempo hari, salah satu acara stasiun swasta Mister Tukul Jalan-Jalan pernah meliput lokasi ini dilihat dari versi sejarah dan misteri yang terjadi di masa lampau. Untuk melihatnya via youtube silakan klik disini. atau jika anda ingin menyimpan datanya silakan anda download di link ini mister tukul jalan-jalan jembatan tua kertosono

4. Pasar Besar (Gede) Kertosono

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgZJYUv5r8p01fhC7TpQN02N7Og2f-CxnxpPkrzltjUOuiOirYUyeFvq5x7iHsQbXqELcr_K2yeb8GVOPsAoIrcPjFmQVsIn8WCRdPeLUxvV7eQWzGDzG01K64OPqOn8KwWR4ZmSLs1oy0B/s1600/pasar.jpg
Pasar gede Kertosono


Inilah tempat utama kegiatan perekonomi di bidang jual beli di Kertosono. Tersedia berbagai macam barang dan jasa yang berjubel campur aduk menjadi satu. Mulai dari kuliner, mode, sampai perlengkapan rumah tangga ada disini. Sayangnya sebagai tempat umum, keberadaan Pasar Kertosono sangat jauh dari kata bersih dan nyaman. Sampah berserakan dimana-mana menimbulkan bau busuk yang sangat mengganggu. Penataan yang tidak teratur menjadikan pasar terlihat semrawut, bagi pembeli juga sangat menyulitkan untuk mendapatkan barang yang diinginkannya, karena penataan tidak tertata. Semoga kedepannya pasar kertosono segera mendapat perhatian dari pihak yang berwenang, sehingga pasar ini dapat menjadi penyokong perekonomian masyarakat Kertosono.

dan masih banyak lagi tempat-tempat menarik yang ada di Kertosono. Semoga bagi kita yang merasa sebagai warga Kertosono semakin tahu dan semakin peka untuk membangun Kertosono supaya menjadi daerah yang lebih baik lagi.

ARTIKEL TERKAIT:

Nasi Tumpang Pecel Kuliner Khas Kertosono

/[ 5 comments Untuk Artikel ASAL - USUL KERTOSONO]\
semua tentang facebook said...

asik gan

batik pekalongan.

Unknown said...

yang pasti sejarah kertosono belum bisa di ketahui secara pasti masih banyak di perlu di teliti.harus mencari data dan arsip yang bisa di pertanggugjawabkan.

Unknown said...

foto jembatan yang lama di atas yg tertulis dulu,foto itu jembatan lama kediri,bukan jembatan kertosono lama.maka kalau mau tau saya punya foto kertosono tempo dulu dan banyak .

Unknown said...

Ass. maaf anda menulis sejarah kertosono bersumber dari mana, mohon diperjelas. mksh

Unknown said...

sekedar tanya, apakah di kertosono ada alun alunnya....????

Post a Comment