Latihan Tes CPNS 2014

4 Antivirus Free Recomended

|| || || Leave a comments
"Virus oh Virus ....."

Dalam dunia digital sekarang ini peranan antivirus dalam komputer atau gadget sangat diperlukan guna melindungi sistem operasi (OS) kita dari serangan virus atau malware. kalau tidak Anda lindungi bisa-bisa data-data penting yang Anda simpan akan terinveksi dan bahkan tidak bisa dibuka sampai hilang secara tiba-tiba. Terutama bagi Anda user OS komputer yang menggunakan produk Microsoft Windows.

Antivirus yang beredar dipasaran ada yang gratis dan ada yang berbayar. Maklum saja di dunia bisnis berbasis digital sekarang ini setiap hampir dapat dipastikan kalau ada yang bikin virus pasti otomatis ada yang bikin antivirusnya. Ini maksudnya ya UUD - Ujung Ujungnya Duit.

Kuat atau tidaknya suatu antivirus tersebut tergantung kemampuan software antivirus mengenali berbagai macam virus yang beredar dan kunci utamanya adalah Anda sendiri yaitu rutin mengupdate. Ini disebut definisi antivirus. Nah, dipastikan lagi, jika kita memiliki antivirus yang berbayar artinya definisi antivirus itu semakin lengkap, dan kemampuan antivirus untuk membasmi virus dikomputer semakin hebat. Perlu diingat, tidak semua antivirus free maupun berbayar itu definisinya mampu mengenali berbagai macam virus, meskipun sering di-update sekalipun. Mengingat, para virus maker juga tidak kalah banyak.



Tapi tenang, mencegah lebih baik daripada mengobati. bagi Anda yang tidak berkenan membeli produk antivirus berbayar. Berikut ini saya rekomendasikan 7 Antivirus "gratis-an" yang bisa Anda dapatkan secara gratis pula. 

1. Avira Antivirus
http://www.wayantulus.com/wp-content/uploads/2010/09/antivirus-Avira-gratis.jpg

Antivirus pertama yang saya rekomendasikan adalah Avira Antivirus. aplikasi anda yang dibaca virus oleh Avira seringkali akan ikut terhapus. Avira GmbH adalah sebuah perusahaan perangkat lunak antivirus buatan Jerman. Aplikasi anti virus yang didasarkan pada Produk AntiVir. Mesin Scan Virus AntiVir Biasa disebut "Luke Filewalker", yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1988. Dengan logo utamanya bergambar "Payung"

Avira berusaha melindungi komputer dan data-data Anda seperti payung melindungi Anda dari terik panas dan derasnya hujan.

Software ini saya jadikan yang pertama karena Avira memiliki keunggulan yang cukup lumayan dalam definisi, membunuh virus secara kejam, banyak pilihan versinya tergantung kebutuhan Anda dan selalu up to date (biasanya 3 hari sekali).
Kelemahannya sebagai antivirus ini sangat kejam,saking kejamnya terkadang dia "membunuh" sistem komputer Anda tanpa kompromi. Saya masih belum menemukan alasan mengapa demikian yang jelas beberapa ekstensi dari sistem komputer dikenali oleh avira. Namun, selama kita rajin meng-update dan penggunaan perangkat (terutama USB Flashdisk) diawasi untuk tidak asal colok sana colok sini saya bisa menjamin Avira ini mampu melindungi komputer Anda.

Sebagai antivirus yang kredibilitasnya Avira hadir dalam 2 jenis produk yaitu versi personal dan versi bussiness.

 Anda bisa mengecek langsung dan mendownload aplikasi di situs resmi Avira http://www.avira.com atau mau download versi personal free silakan klik disini dan tunggu sebentar karena link akan muncul secara otomatis.


2. AVG Antivirus
http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQZ_6xHdyMclAUFU805GQ_hit7avYiG8SXqfV83yU_s2t8K7tz7ag 
Antivirus kedua adalah AVG Antivirus. Ini saya rekomendasikan sebagai antivirus free yang ramah. Artinya tidak sekejam avira, AVG lebih lunak dalam membasmi virus, dia akan memberitahukan kepada Anda tentang kondisi komputer dan definisi virus yang menginfeksi komputer Anda.

Kelemahan AVG terletak pada kemampuan mendeteksi virus autorun. Saya pernah menggunakan AVG dan ketika saya melihat di gudang virus yang terdeteksi ternyata jenis-jenis autorun tidak mampu untuk dihilangkan terutama ketika antivirus jarang di update.
Jika berminat silakan klik disini secara free dan tunggu sebentar karena link akan muncul secara otomatis.

3. SMADAV   

https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcR83B6IZ-Iaclu1wU3wRJEIyl8_AUPeW9XGvVGEu3zrr1B3OFzt
Antivirus recomended saya yang ketiga adalah antivirus lokal. Kita patut berbangga karena anak negeri Indonesia mampu membuat antivirus berkelas dunia. Inilah antivirus lokal SMADAV. Sederhana tetapi kaya definisi. Pada dasarnya sebagian besar virus yang menyebar di dunia ini adalah buatan lokal alias buatan anak-anak Indonesia sendiri. Seperti brontok, worm dsb. Bersyukur kita seperti yang di atas, pembuat virus (atau temannya) pasti akan membuat antivirusnya, hehehe. SMADAV keluar dengan 2 versi, yaitu versi revisi (gratis) dan versi pro (berbayar donasi).

4 fungsi utama Smadav :

1) Proteksi tambahan untuk komputer Anda, 100% kompatibel dengan antivirus lainnya!
Sebagian besar antivirus tidak bisa di-install bersama antivirus lainnya, itu karena antivirus tersebut didesain untuk proteksi utama pada komputer Anda. Berbeda dengan Smadav, Smadav adalah tipe antivirus yang di-desain sebagai proteksi tambahan, sehingga 100% kompatibel dan dapat berjalan dengan baik walaupun sudah ada antivirus lain di komputer Anda, dalam hal ini Smadav berfungsi sebagai lapisan pertahanan kedua. Smadav mempunyai caranya sendiri (behavior, heuristic, dan whitelisting) dalam mendeteksi dan membersihkan virus sehingga akan lebih meningkatkan keamanan di komputer tersebut. Karena penggunaan resource Smadav yang sangat kecil, Smadav tidak akan menambah berat kinerja komputer Anda dalam penggunaannya. Jadi, dengan perpaduan proteksi antara Smadav dan antivirus yang sudah ter-install di komputer Anda akan semakin memperkuat pertahanan komputer Anda dari infeksi virus.

2) Best USB Antivirus (Proteksi Total USB Flashdisk)
USB Flashdisk adalah salah satu media penyebaran virus terbesar di Indonesia. Smadav mempunyai teknologi khusus untuk pencegahan total virus yang menyebar via USB Flashdisk. Misi Smadav adalah 100% tidak ada lagi infeksi virus dari flashdisk. Smadav mempunyai cukup banyak signature virus yang menginfeksi flashdisk, dan mempunyai kemampuan khusus untuk mendeteksi virus baru di flashdisk walaupun belum ada di database Smadav. Tidak hanya pencegahan, Smadav juga mampu membersihkan virus yang menginfeksi dan mengembalikan file yang disembunyikan virus di USB Flashdisk tersebut.

 3) Best for offline use (tidak perlu update terlalu sering)
Smadav sangat baik digunakan untuk komputer yang jarang atau bahkan tidak terkoneksi ke internet. Smadav tidak perlu melakukan update sesering antivirus lainnya yang biasanya melakukan update per minggu bahkan per hari. Smadav biasanya melakukan update hanya sebulan sekali (monthly). Smadav tidak terlalu tergantung pada signature/database virusnya, tapi lebih bergantung kepada teknik deteksi behavior, heuristic, dan whitelisting.

4) Cleaner dan tools untuk membersihkan virus
Smadav juga mampu membersihkan virus yang sudah menginfeksi komputer dan memperbaiki registry yang diubah oleh virus tersebut. Antivirus lainnya biasanya tidak melakukan pembersihan registry sehingga komputer belum kembali normal setelah dibersihkan antivirus tersebut. Banyak tools pendukung yang disertakan di Smadav sebagai senjata untuk melakukan pembersihan virus. Catatan : Tidak semua tipe virus bisa dibersihkan Smadav, Smadav saat ini masih belum mampu membersihkan tipe virus penginfeksi program atau tipe rootkit (misalnya : virus Ramnit, Sality, Alman, Virut, dll.) karena jenis virus ini sudah merusak sebagian besar file program Anda. Fokus kami saat ini adalah pembersihan tuntas untuk tipe virus selain dua tipe tersebut (misalnya : virus WormShortcut, Serviks, MSO, Brontok, dll.)

Silakan meluncur saja disini dan klik download versi revisi.


4. AVAST ANTIVIRUS

http://www.beritateknologi.com/wp-content/uploads/2010/01/avast-free-antivirus-5-0-compatible-with-windows-7-2.pngAntivirus keempat yang saya rekomendasikan adalah AVAST antivirus.Antivirus buatan Amerika Serikat ini sangat ampuh dan cukup diandalkan bagi Anda penggila internet. Karena salah satu kemampuannya adalah melindungi sistem dari serangan malware ataupun spam yang masuk tak diundang. Secara umum kemampuan deteksinya hampir sama dengan antivirus yang lain. Jadi tunggu apalagi, bagi Anda yang berminat untuk mendapatkan antivirus ini secara free silakan masuk saja disini kemudian klik download. Semoga bermanfaat. 


 
Demikian 4 Antivirus Free Recomended dari saya, namanya saja gratisan, kadang kala beberapa antivirus minta Anda untuk berbelas kasih membeli produk aslinya itu monggo tergantung keikhlasan Anda. Apabila ada sesuatu yah dari Syahrini yang kurang berkenan saya mohon maaf. Semoga bermanfaat.
 
/[ 0 comments Untuk Artikel 4 Antivirus Free Recomended]\

Post a Comment