Latihan Tes CPNS 2014

7 SYARAT MASUK DAN LOLOS SNMPTN 2014 VERSI SERBA-SERBI WIKAN

|| || || Leave a comments


Selamat menunaikan ibadah Ujian Akhir Semester (UAS) Gasal buat adik-adikku SMA khususnya siswa kelas 12. Semoga hasilnya maksimal ya. Ngomong-ngomong soal UAS, kalian perlu tahu jika hasil UAS ini nantinya menjadi syarat akhir sisi akademik kalian untuk bisa masuk perguruan tinggi lewat jalur tanpa tes. JADI SERIUSLAH DALAM BELAJAR !!!

Sudah pada persiapan apa belum nih buat SNMPTN? Jika belum gih buruan nyari infonya. Jangan sampai kelewatan ato ketinggalan. Memang sih pengumuman resmi SNMPTN belum dirilis, tetapi sinyal-sinyal SNMPTN kalo tahun ini bakalan sangat berat udah mulai kelihatan. Secara, pemerintah kita tidak ingin gegabah dalam menyeleksi siswa-siswi Indonesia yang benar-benar berprestasi dan kompeten yang nantinya masuk perguruan tinggi.

Eits, kalau kalian masih belum tahu sama sekali tentang apa saja yang akan diperlukan dalam SNMPTN simak deh penjelasan berikut.

APA SIH YANG DIPERSIAPKAN DALAM SNMPTN?

1. Memiliki NISN 

NISN, apaan tuh? Yah buat yang udah tau, ndak usah ngotot gitu dong, ini lo saya ngasih tahu yang belum tahu apa itu NISN.
NISN kepanjangan dari Nomor Induk Siswa Nasional. Prinsipnya hampir sama dengan NIS (Nomor Induk Siswa) mu di sekolah. Bedanya NISN itu nomor induk yang didata secara nasional alias se-Indonesia. Untuk apa NISN itu? Pertama ya sebagai bukti kamu benar-benar siswa yang sedang sekolah di SMA mu sekarang berada, kedua sebagai syarat untuk ujian nasional dan juga untuk penyeleksian masuk perguruan tinggi jalur tanpa tes (SNMPTN). NISN berbentuk sebuah kartu yang dibagikan sekolah kepada setiap siswa. Misalkan belum punya gimana? Waah gaswat tuh, coba tanyain ke guru koodinator sekolah, sapa tau NISN mu terselip ato jangan-jangan masih belum terdaftar. Ini sangat penting, soalnya kalau tidak punya kalian tidak punya alasan untuk maksa ikut SNMPTN

2.   Terdaftar di PDSS

Saya yakin beberapa dari kalian masih belum tau PDSS. (huu sotoy). Yap, PDSS singkatan dari Pangkalan Data Siswa dan Sekolah. Bukan cuma TNI ato BBM aja yang yang punya pangkalan, kalian juga punya pangkalan. Tapi bedanya kalian ga perlu ngumpul kalau mau upacara, karena tidak pernah akan ada upacara. To the poin, PDSS adalah portal online khusus yang digunakan untuk menghimpun informasi siswa dan sekolah termasuk nilai-nilai kalian selama belajar di SMA. Kalian ndak perlu repot-repot mendaftar di PDSS karena itu sudah menjadi tangung jawab sekolah. Yang perlu kalian lakukan cuma konfirmasi data sevalid-validnya. Data itulah yang nanti akan disinkronkan dengan data fisik pada saat validasi SNMPTN.

3.  Memiliki Nilai Hasil Evaluasi Belajar  
    
Ya pasti lah, syarat penilaian utama dalam SNMPTN adalah kan hasil evaluasi belajar. Menurut pengalaman tahun 2013, nilai yang digunakan adalah nilai semester 1 sampai dengan semester 5, dari kelas X sampai kelas XII semester ganjil ini. Kemungkinan tahun ini syarat ini juga akan digunakan lagi. Seperti apa nilai yang bisa bersaing di SNMPTN nanti akan saya ulas di postingan lain.

4.   Aktif Mengunjungi website resmi SNMPTN 

Agar bisa mendaftar SNMPTN adik-adik tidak perlu jauh-jauh berkunjung di perguruan tinggi kesayangan kalian. Karena bakalan ribet dan makan duit banyak. Kalian surfing aja  langsung di alamat www.snmptn.ac.id. Disana kalian akan memperoleh informasi umum SNMPTN mulai dari jadwal pendaftaran, tata cara pendaftaran, dan program studi yang bisa diambil. Nah, agar bisa mengakses isi website ini, kalian perlu login terlebih dahulu dan username dan password yang nanti akan diberi sekolah. 
Jadi tunggu tanggal mainnya aja ya.

5.      Belajar Sungguh-Sungguh untuk Ujian Nasional 2014

Ngapain kok pake belajar UN 2014, emang ada kaitannya? Jawabannya ya Iya lah.. bisa juga ya iya dong. Memang isu simpang siur tentang UN dipake atau kagak dalam SNMPTN tapi yang jelas baik menteri pendidikan nasional Bapak M. Nuh dan panpel SNMPTN sama-sama sepakat kalo nilai UN digunakan untuk menentukan lolos tidaknya siswa dalam SNMPTN. Loh kok gitu? Menurut Pak Menteri, “masuk SMP, SMA aja pakai nilai UN kok masuk perguruan tinggi nggak. Kan ndak adil itu namanya?”. Apalagi soal UN tuh dibuat ndak asal-asalan loh, banyak pihak yang terlibat disana, so sangat tidak fair kalau nilai UN cuman dibuat standar kelulusan aja. Toh sekarang kalau sekedar lulus saja syaratnya sangat amat dipermudah. Sebagus-bagusnya nilai semester kalian, kalau nilai UN-nya jeblok, alamaak, ngeri kali…

6.  Mempelajari tips dan trik sukses SNMPTN Terpercaya  

Inilah yang paling penting buat kalian, banyak banget informan-informan yang bersedia menyediakan jasa konsultasi masuk perguruan tinggi, dari yang berbayar mahal sampai ke yang gratisan alias ikhlas membantu sesama. Atau dari yang informasi beneran sampai ke informasi boong-boongan alias penipuan.
Puluhan bimbel lokal maupun nasional berlomba-lomba menggaet kalian untuk belajar disana dengan iming-iming sejuta harapan bisa lolos SNMPTN. Mulai pakai data statistik angka-angka arab, sampai hanya sekedar intuisi ngasih saran mendingan kamu ke sana aja dari pada kesitu.
Momentum ini memang memberikan kesempatan yang baik buat ngebantu kalian nentuin pilihan. Tetapi saran saya, seleksi dulu saran yang diberikan, apakah banyak manfaatnya atau malah menjerumuskan. Tidak sedikit kakak kelas kalian yang kecewa saran dari bimbel X itu ngaco, udah diyakin-yakinkan bakalan keterima eh ternyata kagak. Makanya saya ngasih jargon “terpercaya”, dan ini sifatnya relatif atau kadang bisa bener dan kadang meleset. Itu hal yang wajar, kalian tidak boleh 100% menyalahkan mereka. Eits, bukannya ngebela lo ya, tapi mereka juga manusia, apa yang terjadi saat seleksi toh juga mereka tidak terlibat. Kecuali kalian tu nyogok panitia SNMPTN, yang saya jamin bukannya lolos, tapi malah kalian akan diinapkan ke hotel prodeo bintang 7 yang dipercaya. Hehehe. So, cari info dan saran sebanyak-banyaknya, ambil yang terbaik dan sesuaikan dengan logika plus kemampuan kalian.

7.   Lebih PDKT-lah Sama yang Maha Memutuskan

Nah, PDKT bahasa gaul PenDeKaTan tidak cuman sama calon pacar ato pacar kita kan. Musti tuh kalian PDKT sama Allah SWT Dzat yang Maha Memutuskan. Sesempurna-sempurnanya nilai kita, prestasi kita, ke-PeDe kita, toh bakalan kalah sama keputusan Allah. Yes, yang biasanya ibadah kalau pas diingetin sama pacar (Yank udach sholat apha elumb?), atao yang jarang puasa akhirnya badan menjadi gembul, uda saatnya dek kalian PDKT sama Dia. Kata Pak Jokowi waktu ngomentarin kasus AQJ anak bungsu penyanyi terkenal Ahmad Dani, “anak sekarang tu jarang yang suka prihatin. Sukanya keluyuran, malas belajar, mau jadi apa nanti kalo udah gede?”. Seharusnya kita malu dong, Pak Jokowi itu kan bukan ortu kita, sampek repot-repot mikirin kawula muda seperti kita. Singkat cerita yuk lebih depat sama Dia, syukur-syukur yang mendeklarasikan diri sebagai pelajar yang suka tawuran, mabuk-makan, kempas-kembis ngebakar rokok, sakaw, ngeseks bebas dan kawan-kawannya. Heeeiii,, sadar-sadar. Itu bukan jalan yang benar, dan hanya orang tidak waras mau ngelakuin seperti itu. Huu,, pergi kelaut aje elu.

Sekian postingan saya tentang syarat masuk dan lolos SNMPTN 2014. Simak terus informasi terkait SNMPTN 2014 di www.petualanganwikan.blogspot.com di tag Info SNMPTN. Terima kasih. Silakan share barangkali info ini bermanfaat,
/[ 0 comments Untuk Artikel 7 SYARAT MASUK DAN LOLOS SNMPTN 2014 VERSI SERBA-SERBI WIKAN]\

Post a Comment