Latihan Tes CPNS 2014

INFO SEPUTAR SBMPTN 2014

|| || || Leave a comments
SBMPTN singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Ini merupakan sarana masuk PTN yang difokuskan pada kemampuan peserta dalam penguasaan materi dalam bentuk tes. Tes ini diperutukkan bagi siswa lulusan SMA/SMK/MA mulai tahun 2012, 2013, dan 2014. Siswa yang mampu menyelesaikan persoalan SBMPTN dan memenuhi syarat skor saja yang dapat dinyatakan lolos tes ini.

Ujian tertulis SBMPTN menggunakan soal ujian yang dikembangkan sedemikian rupa sehingga memenuhi persyaratan validitas, reliabiltas, tingkat kesu­lit­­an, dan daya pembeda yang memadai. Soal ujian tertulis SBMPTN dirancang untuk mengukur kemampuan dasar yang dapat memprediksi keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi, yakni kemampuan penalaran tingkat tinggi (higher order thinking), yang meliputi potensi akademik, penguasaan bidang studi dasar, bidang sains dan teknologi (saintek) dan/atau bidang sosial dan humaniora (soshum). Selain mengikuti ujian tertulis, peserta yang memilih program studi Ilmu Seni dan/atau Keolahragaan diwajibkan mengikuti ujian keterampilan.

Beberapa hal yang dapat diinformasikan sebagai persiapan SBMPTN 2014 sebagai berikut.
  1. SBMPTN 2014 diikuti oleh seluruh siswa dan alumni selama 3 tahun terakhir, yaitu tahun 2012, 2013, dan 2014. Syaratnya: lulus ujian nasional, dan SKHUN.
  2. Lokasi tes SBMPTN 2014 dibagi menjadi 4 wilayah, masing-masing wilayah memiliki Panitia Lokal (Panlok) yang menunjukkan penanggungjawab tempat tes.
  3. Calon Peserta Tes bisa mendaftar mulai tanggal 12 Mei 2014 pukul 08.00 WIB secara online melalui situs resmi SBMPTN di http://www.pendaftaran.asbmptn.or.id dan akan ditutup tanggal 16 Juni 2014.
  4. Tes dilaksanakan hanya 1 hari. yaitu hari Selasa tanggal 17 Juni 2014. Dan ditambah tes Keterampilan (bagi pendaftar prodi dengan syarat keterampilan) tanggal 18 dan/atau 19 Juni 2014.  Lebih singkat 1 hari dibandingkan dengan tahun 2013 lalu 2 hari.
  5. Lokasi tes sudah tercantum di Kartu Peserta Tes setelah proses pengisian borang Pendaftaran. Lokasi tes kemungkinan bisa dipilih sendiri oleh peserta dan/atau ditentukan oleh panitia SBMPTN.
  6. Materi yang diujikan adalah TPA (Tes Potensi Akademik), Tes Kemampuan Dasar Saintek (TKD Saintek) untuk jurusan IPA meliputi mata pelajaran Matematika IPA, Fisika, Biologi, Kimia; Tes Kemampuan Dasar Soshum (TKD Soshum) meliputi mata pelajaran  Ekonomi, Sosiologi, Sejarah, Geografi. Tahun 2013 lalu ada Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU) kemungkinan dihapus dengan pertimbangan efisiensi dan ketepatan sasaran tes.
  7. Peserta Tes akan mengerjakan tes dengan dikelompokkan menjadi 3 kelompok ujian, yaitu Kelompok Ujian Saintek meliputi materi TPA dan TKD Saintek; Kelompok Ujian Soshum meliputi materi TPA, dan TKD Soshum; Kelompok Ujian Campuran meliputi materi TPA, TKD Saintek dan TKD Soshum. Dengan total durasi waktu pengerjaan kurang lebih 3-5 jam.
  8. Peserta berhak memiliih maksimal 3 prodi untuk masing-masing Kelompok Ujian. Pilihan bebas di PTN manapun untuk 1 pilihan prodi saja. Jika memilih 2 atau lebih maka salah satu harus berada satu wilayah tempat peserta mengikuti ujian. Misalnya ikut tes di Malang, maka peserta harus memilih PTN di Malang pada satu dari pilihan Prodi.
  9. Biaya tes  ditetapkan sebanyak Rp 100.000 (seratus ribu rupiah) untuk semua jenis tes, termasuk Kelompok Campuran dan Keterampilan.
Demikian informasi seputar SBMPTN 2014. Bila ada pertanyaan silakan inbox ke kolom komentar. Terima  kasih.
/[ 0 comments Untuk Artikel INFO SEPUTAR SBMPTN 2014]\

Post a Comment